hunian dengan lantai kayu

Menjaga Lantai Kayu Agar Nilai Rumah Tetap Tinggi

Memiliki rumah dengan gaya kebarat-baratan memang memiliki keunikan sendiri, lantai yang terbuat dari kayu merupakan kewajiban untuk membuatnya lebih tampak menarik.

Lantai dari kayu membuat kesan alami yang membuat pemilik rumah pasti akan lebih nyaman. Kenyamanan ini didapatkan karena penghuni akan aman dari gangguan angin masuk. Lantai dari kayu sudah terbukti memiliki suhu yang lebih hangat dari lantai keramik maupun granit.

Anda perlu tahu, merawat lantai kayu berbeda dengan lantai keramik atau lantai Granit karna menggunakan material yang sifatnya berbeda. Anda harus menghindari beberapa hal berikut ini jika ingin lantai kayu Anda tetap terlihat cantik, tetap kokoh, dan nilai jualnya tidak turun.

Membiarkan lantai terpapar air

Cek kondisi rumah Anda saat sedang musim hujan. Jangan biarkan ada lantai bocor yang mengakibatkan air rembes masuk ke dalam rumah dan membasahi lantai kayu Anda.

Anda harus menghindari hal ini karena lantai yang terbuat dari kayu jika sering terpapar air akan mudah rusak dan tidak kokoh. Anda bisa menghindari hal ini terjadi dengan melapisi cat anti air pada bagian langit-langit rumah Anda.

Terlalu sering dipel

mengepel lantai kayu

Tidak berbeda jauh dengan poin yang sudah kita bahas sebelumnya. Keseringan mengepel lantai kayu dapat membuatnya cepat lapuk tidak lagi kokoh.

Anda hanya perlu mengepel lantai kayu setiap dua minggu sekali saja. Untuk pembersihan, ada baiknya menggunakan vacuum cleaner pada permukaan lantai.

Hal yang perlu Anda perhatikan adalah cairan pembersih lantai. Gunakan cairan pembersih khusus untuk kayu, bukan untuk lantai keramik. Hal ini dikarenakan penggunaan bahan kimia yang keras akan membuatnya menjadi cepat rusak.

Menggunakan vacuum dengan sikat yang memutar

vacuum cleaner lantai kayu

Masih membahas masalah cara pembersihannya. Anda memang harus melakukan pembersihan setiap minggu karena debu yang menempel dapat membuat lantai dari kayu tergores.

Anda yang membersihkan lantai kayu dengan vakuum yang dilengkapi sikat justru akan membuat goresan pada lantai kesayangan Anda.

Lebih baik Anda menyedot dulu debu dengan vacuum cleaner. Jika ada debu yang tersisa dan sulit untuk dibersihkan dengan vacuum cleaner, Anda bisa melanjutkan dengan menyapu lantai.

Memelihara Hewan

Memang sangat menyenangkan memiliki hewan peliharaan dirumah. Selain bisa sebagai teman, kita memiliki kesibukan layaknya merawat anggota keluarga sendiri.

Kucing dan anjing merupakan hewan peliharaan yang paling banyak dipilih. Akan tetapi, kedua hewan tersebut merupakan hewan yang memiliki kuku yang beresiko membuat goresan pada lantai kayu Anda.

kucing dan anjing

Untuk Anda yang tetap ingin memelihara hewan tersebut, Anda harus memperhatikan kuku hewan peliharaan Anda. Pastikan Anda memperhatikan kuku hewan tersebut harus tetap terpotong pendek.

Memiliki rumah dengan lantai kayu memang memiliki keunikan tersendiri, tetapi keunikan tersebut terlihat bukan hanya dari segi desain bagian dalam rumah saja, yakni dari segi cara perawatannya.

Investasi rumah berlantai kayu

Banyak yang mengeluh memiliki rumah dengan lantai kayu namun mudah rusak. Padahal, semua kerusakan itu dikarenakan dari kesalahan pemilik rumahnya sendiri yakni salah salam melakukan perawatannya.

Dengan merawat rumah dari lantai kayu secara benar, nilai jual properti Anda tidak akan turun. Dengan begitu, Anda tidak perlu takut lagi memiliki hunian dengan lantai yang terbuat dari kayu karna harga jualnya masih bisa Anda pertahankan dengan merawatnya dengan baik sesuai dengan tips yang saya berikan pada artikel ini.